Etika Menulis di Internet

Internet seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kita beraktifitas ataupun tidak. Internet merupakan salah satu fasilitas masyarakat di dunia yang paling diminati dan seringkali kita memanfaatkannya untuk mencari tugas, menyelesaikan pekerjaan, mencari informasi ataupun sebagai media hiburan (misal streaming video atau social networking). Biasanya, orang yang hobi menulis seringkali memposting tulisan mereka di blog mereka masing-masing. Tulisan yang di posting biasanya berisi tentang informasi untuk pelajaran, mencari sumber informasi untuk dipelajari, tentang cerita pendek, dsb.

Dalam menulis sebuah tulisan di internet, kita bisa melakukan kapan saja dan dimana saja. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diketahui. Dalam menulis atau memposting sesuatu, setidaknya tulisan yang kita posting di internet memiliki etika atau peraturan-peraturan dalam memposting di internet. Ada beberapa hal yang menyangkut tentang etika dalam menulis atau memposting sesuatu di internet :

1. Isi tulisan sebisa mungkin tidak menyinggung perasaan pembaca. Maksudnya adalah, disini kita memposting tulisan yang berisi berbagai macam misalkan informasi tentang sesuatu yang orang lain belum ketahui, isi cirahan hati kita, atau berisi tentang cerita-cerita pendek. Sebisa mungkin dalam menulis tulisan seperti yang disebutkan barusan, janganlah sekali-kali mengisi postingan dengan sindiran atau ejekan atau bahasa yang kurang baik. Karena dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi yang membaca.

2. Hindari memposting sesuatu yang berbau hoax. Hindari memposting tulisan yang berbau hoax atau yang belum jelas keberadaannya, dsb. Jika kita mencoba beranikan diri untuk memposting satu hal yang belum tentu benar keadaannya, sama saja dengan kita memposting tulisan yang dampaknya membohongi publik yang membaca tulisan kita.

3. Menggunakan bahasa yang sopan dan baik. Dalam penggunaan bahasa sangat diperlukan dalam memposting sebuah tulisan di internet, karena dampak bahasa sangat berpengaruh dan para pembaca pasti menilai karakter si penulis. Jika kita menggunakan bahasa yang kurang sopan atau kurang baik, pembaca mungkin akan berpikiran bahwa si penulis memiliki sikap atau attitude yang kurang baik.

4. Buatlah tulisan yang bermanfaat dan berbobot. Memposting tulisan perlu diperhatikan isi dan maksud tulisan, apakah bermaksud untuk memberikan informasi atau hanya sekedar memposting biasa saja. Dalam isi tulisan perlu diperhatikan makna dari tulisan tersebut, jika memang ditujukan untuk memberikan informasi, postinglah tulisan yang memang benar-benar bermanfaat dan bisa dipahami oleh semua pembaca blog di internet. Berikan info yang akurat dan terbaik dalam meposting tulisan, jika kita bisa melakukannya itu sudah menjadi poin yang bagus dalam memposting tulisan di internet.

5. Lakukanlah sebijak mungkin jika kita berniat untuk mengcopy-paste tulisan. Jika kita berniat untuk memposting sebuah tulisan yang sudah kita copy lalu di paste ke blog kita kemudian di posting, pastikan kita selalu jujur dan bijak dalam mengcopy paste tulisan orang dan kalau bisa, kita mencantumkan sumbernya dibawah tulisan kita. Karena jika tidak dicantumkan sumbernya, itu sama saja kita melakukan sebuah plagiat dalam penulisan sebuah tulisan di internet. Dan para pembaca mungkin akan menilai negatif tentag kita. Jadi, biasakanlah untuk jujur terutama jika kita memang berniat untuk mengcopy paste sebuah tulisan ke blog kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s