Pengantar Ilmu Budaya Dasar

Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The HUmanities”. Istilah Humanities sendiri berasal dari bahasa Latin “humanus” yang dapat diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities, diharapkan seseorang bisa menjadi manusia yang lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus. Dengan demikian, the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Supaya manusia bisa menjadi humanusm mereka diharuskan mempelajari ilmu yaitu humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya sebagai manusia itu sendiri.

Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui ada beberapa pengelompoka ilmu pengetahuan. Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)

Ilmu-ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keturunan-keturunan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakanlah metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan suatu kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitiannya 100% benar dan 10% salah. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antara lain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.

2. Ilmu-ilmu Sosial (social science)

Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keturunan-keturunan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu ilmiah. Tetapi hasilnya tidak 100% benar, hanya mendekati kebenaran karena keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dll.

3. Pengetahuan Budaya (the humanities)

Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan itu pada umumnya terdapat dalam tulisan-tulisan. Metode ini memang tidak ada sangkut pautnya dengan metode ilmiah, hanya mungkin ada pengaruh dari metode ilmiah.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar sendiri adalah sebagai salah satu usaha untuk mengembangakan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikal terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, bahkan yang menyangkut dengan dirinya sendiri.

Sumber : Buku Ilmu Budaya Dasar Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma

Ilmu Budaya Dasar sebagai Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat dan Pendidikan Umum

Secara khusus sebagai MKDU (mata kuliah dasar umum), biasanya memiliki tujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualifikasi, yaitu :

1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana wara=ga Indonesia.

2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki sikap tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.

3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun pertahanan keamanan.

4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiah dan secara bersama-sama berperan serta di dalam pelestariannya.

Jadi, pendidikan umum yang menitik beratkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa, pada dasarnya berbeda dengan mata kuliah-mata kuliah bantu yang bertujuan untuk menopang keahlian mahasiswanya dalam disiplin ilmunya.

Sumber : Buku Ilmu Budaya Dasar Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma

Ilmu Budaya Dasar Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya

Diharapkan dari mata kuliah ini adalah supaya lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan. Adanya kesamaaan ini diharapkan, agar interelasi antara intelektuil kita lebih sering dengan akibat yang positif bagi pembangunan negara kita pada umumnya dan perbaikan pendidikan pada khususnya.

Sumber : Buku Ilmu Budaya Dasar Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma

Perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar

ISD dan IBD memiliki perbedaan dan tujuannya masing-masing. Perbedaan dari Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu sosial itu bertujuan untuk membuat mahasiswa agar daya tanggap mahasiswa terhadap kehidupan sosial disekitar mereka menjadi lebih peka lagi. Sementara ilmu budaya dasar itu bertujuan untuk agar setiap mahasiswa di indonesia bisa mengembangkan kepribadian mereka terhadap nilai budaya baik yang menyangkut dengan orang disekitar mereka maupun yang ada hubungannya dengan dirinya sendiri.

Sumber : http://sulfikar.com/ilmu-sosial-dasar-defenisi-kuliah-i.html
Buku Ilmu Budaya Dasar Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s