Asas-asas Ketahanan Nasional

Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan terlebih dahulu tentang pengertian ketahanan nasional dalam arti baku maupun secara umumnya. Pengertian ketahanan nasional sendiri secara singkat merupakan suatu sikap bangsa Indonesia yang dalam segala kondisi dinamiknya meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang berintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan bangsa indonesia dalam  menghadapi dan mengatasi segala tantangan , ancaman, bahkan hambatan sekaligus yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Ketahanan nasional indonesia sangatlah diperlukan dalam mewujudkan perilaku dalam mempertahankan dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Ketahanan nasional diperlukan bagi setiap negara untuk mempertahankan masing-masing warga negara mereka, bukan cuma warga negara tetapi keutuhan dan kekokohan suatu negara agar terhindar dari segala bentuk ancaman yang membahayakan negara itu sendiri. Baik yang datang dari dalam ataupun yang dari luar sekalipun demi menjaga keutuhan suatu bangsa dan negara.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan suatu negara, maka diperlukan sikap untuk mempertahankan negara sendiri. Dalam melaksanakan suatu ketahanan nasional haruslah didukung bukan hanya dari orang-orang penting atau para tentara/aparat kepolisian, bahkan pejabat tinggi negeri sekalipun, tetapi juga warga negara wajib melindungi negaranya sendiri dari ancaman atau bahaya yang bisa saja memporakporandakan negara tersebut.

Demi kelangsungan hidup dan keamanan suatu negara, dalam melaksanakan suatu wujud ketahanan nasional, diperlukan asas-asas dan sifat-sifat dari ketahanan nasional itu sendiri. Berikut akan dijelaskan tentang asas-asas ketahanan nasional Indonesia beserta sifat dari ketahanan nasional Indonesia.

  1. 1.      Asas-Asas Ketahanan Nasional

Asas ketahanan nasional indonesia merupakan suatu tata laku yang telah didasari oleh  nilai-nilai yang tersusun yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Wawasan Nasional, yaitu sebagai berikut:

  • Asas Kesejahteraan dan Keamanan

Dengan kesejahteraan dan keamanan merupakan asas dalam sistem kehidupan nasional dan merupakan nilai intrinsik yang ada padanya. Dalam realisasinya, kesejahteraan dan keamanan dapat dicapai dengan menitikberatkan pada kesejahteraan tetapi tidak mengabaikan keamanan. Sebaliknya, memberikan prioritas pada keamanantidak boleh mengabaikan kesejahteraan.

 

  • Asas Komperehensif Integral atau Menyerluruh Terpadu

Sistem kehidupan nasional mencakup segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh menyeluruh dan terpadu dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang serasi dan selaras dari seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, ketahanan nasional mencakup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa  secara utuh, menyeluruh dan terpadu.

 

  • Asas mawas ke dalam dan mawas ke luar

Sistem kehidupan nasional merupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi. Disamping itu, sistem kehidupan nasional juga berinteraksi dengan lingkungan yang berada disekelilingnya. Dalam prosesnya dapat timbul dampak yang bersifat postif maupun negatif, maka dari itu sangat diperlukan sikap yang mawas ke dalam dan ke luar.

 

  • Asas Kekeluargaan

Dalam asas kekeluargaan mengandung nilai-nilai keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong-royong, tenggang rasa, dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam asas ini diakui adanya perbedaan yang harus dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan.

 

  1. 2.      Sifat Ketahanan Nasional Indonesia

Ketahanan Nasional memiliki sifat yang terbentuk dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan asas-asasnya, yaitu:

  1. Mandiri

Ketahanan Nasional bersifat percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri serta keuletan dan ketangguhan yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah serta bertumpu pada identitas, integritas dan kepribadian bangsa. Kemandirian ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengahadapi perkembangan global.

 

  1. Dinamis

Ketahanan Nasional tidaklah tetap, melainkan dapat meningkat dan atau  menurun tergantung pada kondisi dan situasi bangsa dan negara serta kondisi lingkungan straregisnya. Hal ini berkaitan dengan pengertian bahwa segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah dan perubahan itu senantiasa berubah pula. Oleh arena itu, upaya kita dalam meningkatkan ketahanan nasional harus selalu diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya diarahkan untuk pencapaian dalam kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

 

  1. Wibawa

Keberhasilan pembinaan ketahanan nasional Indonesia secara berlanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsa yang dapat menjadi faktor yang diperhatikan oleh pihak lain. Semakin tinggi tingkat ketahanan nasional Indonesia, semakin tinggi pulai nilai kewibawaan nasional yang di ciptakan.

 

  1. Konsultasi dan Kerjasama

Konsepsi ketahanan nasional Indonesia tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonistis, melainkan lebih kepada sikap konsultatif dan kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa Indonesia.

 

 

Sumber : Buku Seri Diktat Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Gunadarma

http://myblogug.blogspot.com/2012/04/pengertian-ketahanan-nasional-indonesia.html?m=1

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s