Tugas Proposal Penelitian Mata Kuliah Softskill Metode Penelitian

1. Latar Belakang Masalah
Perusahaan DEF merupakan perusahaan yang bergerak pada pengiriman jasa, terutama pada jasa untuk pengiriman barang. Seiring dengan berjalannya waktu, maka semakin ketat persaingan atau kompetisi yang terjadi dalam dunia bisnis pada bidang jasa khususnya untuk jasa pengiriman barang. Setiap pelaku bisnis yang ingin bersaing mereka ingin memenangkan kompetisi dalam dunia bisnis. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang penuh terutama dalam ketepatan waktu untuk pengiriman barang, serta keutuhan barang yang akan dikirim ke tempat tujuannya. Hal ini tidak terlepas dari kualitas karyawan mulai dari pentingnya kesehatan karyawan, kenyamanan karyawan di tempat kerja, hingga fasilitas dan sarana yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Jaminan kesehatan dan keselamatan kerja yang diberikan kepada karyawan pun belum mencukupi dikarenakan karyawan masih memiliki resiko untuk terserang penyakit atau terganggunya kesehatan karyawan pada masa pensiun mereka di tempat kerja.
Dalam hal ini, seorang peneliti mulai mengamati bagian fisiologis dari karyawan seperti mengamati jumlah kalori yang dibutuhkan karyawan dalam bekerja. Terutama hal ini diperhatikan untuk karyawan buruh angkut yang mengandalkan kekuatan fisik bukan kekuatan alat atau mesin pengangkut. Terlihat dari jenis pekerjaan seperti itu otomatis mereka membutuhkan kalori yang cukup banyak. Kalori yang dimiliki oleh karyawan terkadang tidak sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan diakibatkan karena konsumsi makanan yang kurang mencukupi. Hal ini menyebabkan kebutuhan energi dengan konsumsi makanan tidak seimbang sehingga akan terjadi dimana produktivitas kerja dari karyawan menurun, penurunan berat badan atau kerusakan pada jaringan tubuh.
Pada saat seseorang bekerja, mereka mengkonsumsi energi yang didapat dari makanan yang mereka konsumsi sehari-hari, terkadang dalam mengkonsumsi energi seorang karyawan kurang memperhatikan energi yang mereka buang karena dianggap kurang penting. Sebenarnya dalam penggunaan energi yang berlebihan dalam jumlah yang besar serta waktu yang lama menyebabkan karyawan tersebut mengalami kelelahan terutama kelelahan pada fisik mereka, selain pada kelelahan fisik faktor yang lain yaitu kelelahan mental pada karyawan yang dapat menyebabkan karyawan tidak fokus dalam bekerja sehingga produktivitas karyawan dalam bekerja menjadi menurun. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu penelitian yang bertujuan untuk meneliti kalori yang dibutuhkan oleh karyawan yang bekerja pada bidang jasa khususnya untuk pengantaran barang. Penelitian ini akan dilakukan pengukuran kalori dengan cara mengukur denyut jantung dari karyawan tersebut.

2. Perumusan Masalah
Perumusan masalah yaitu bertujuan untuk memecahkan masalah. Permasalahan yang akan dipecahkan yang akan dikaji berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut:
1. Apakah penggunaan energi dalam jumlah yang besar serta dalam kurun waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kelelahan fisik yang dapat menurunkan produktivitas kerja dari karyawan?
2. Bagaimanakah cara untuk mengatasi kelelahan fisik yang terjadi pada karyawan terutama yang bekerja pada perusahaan jasa pengangkutan barang?
3. Apakah perlu diadakannya perbaikan untuk konsumsi makanan pada karyawan yang bekerja pada perusahaan jasa pengangkutan barang?

3. Tujuan Penelitian
Setiap penelitian memiliki tujuan agar penelitian ini terlihat jelas apa saja yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu:
1. Mengetahui kelelahan fisik yang ditimbulkan pekerja dan tingkat produktivitas kerja.
2. Mengetahui asupan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh seorang karyawan yang bekerja pada perusahaan jasa pengangkutan barang.

4. Batasan Penelitian
Terdapat batasan dalam setiap penelitian agar penelitian yang dilakukan lebih
terarah dan tidak diluar konteks dari penelitian. Batasan penelitiannya adalah sebagai berikut:
1. Penelitian dilakukan pada karyawan perusahaan DEF.
2. Penelitian difokuskan kepada karyawan pengangkutan barang.
3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penghitungan denyut jantung atau detak jantung dari karyawan pengangkutan barang.

5. Metode Penelitian
Tahap penelitian merupakan sebuah kerangka dari sebuah penelitian yang menjelaskan tentang langkah-langkah yang akan ditempuh dalam memecahkan suatu permasalahan yang akan dicapai. Bab ini akan dijelaskan tahap-tahap dan tata cara penulisan laporan penelitian. Bab ini berfungsi sebagai kerangka utama yang menjaga arah tata cara penulisan laporan penelitian untuk mencapai tujuan yng ditetapkan dan meminimalisasi kesalahan yang mungkin timbul pada penulisan laporan.
a. Identifikasi Masalah
Pada tahap ini dilakukan pengamatan awal yaitu mengenai kelelahan fisik yang terjadi pada karyawan yang bekerja pada perusahaan jasa pada bagian pengangkutan barang.
b. Perumusan Masalah Dan Menetukan Tujuan Penelitian
Pada tahap ini peneliti menentukan topik penelitian serta masalah yang akan diangkat dan diteliti berdasarkan kondisi yang ada di perusahaan DEF yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kalori yang akan dikonsumsi untuk para karyawan yang bekerja pada bagian pengangkutan barang.
c. Studi Literatur
Pada tahap ini dilakukan studi pustaka dengan tujuan untuk mendapatkan konsep serta metode yang berhubungan dengan masalah dan tujuan penelitian yang akan dicapai.
d. Studi Lapangan
Melakukan studi pada perusahaan dilakukan dengan pengamatan pada karyawan perusahaan DEF yang bekerja pada bagian penangkutan barang.
e. Pengumpulan data
Pada tahap ini dilakukan dilakukan pengumpulan data. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari pengamatan langsung yang dilakukan oleh peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode seperti berikut:
– Observasi
Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data. Metode ini salah satu metode yang dilakukan dengan cara melihat dan mengadakan pengamatan secara langsung, begitu pula terhadap detak jantung karyawan.
– Wawancara
Metode ini digunakan dengan cara melakukan sesi tanya-jawab langsung dengan para karyawan perusahaan tentang keluhan yang biasa mereka alami pada saat bekerja.
– Studi Pustaka
Metode ini dilakukan dengan cara mengambil bahan-bahan dari kajian literatur agar mendapatkan informasi yang mendukung sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas.
– Dokumentasi
Metode ini dilakukan untuk mengambil gambar dari lingkungan kerja yang dapat mendukung kinerja perusahaan dalam memenuhi pelayanannya terhadap konsumen.
f. Uji Coba
Pada tahap ini dilakukan uji coba. Uji coba yang dilakukan peneliti adalah dengan cara mengambil data dari 10 orang karyawan yang bekerja pada pekerjaan yang sama dengan jenis kelamin yang sama. Terlebih dahulu peneliti melakukan observasi atau turun ke lapangan dimana karyawan tersebut bekerja, kemudian melakukan wawancara, setelah melakukan wawancara gunakan metode yang sesuai dengan studi literatur yang ada, kemudian melakukan dokumentasi yaitu pengambilan gambar tempat kerja dari karyawan untuk dilihat dari segi lingkungan kerja apakah mendukung karyawan dalam melakukan pekerjaannya, dsb. Setelah semua dilakukan kemudian mengukur kecepatan denyut jantung dari 10 orang karyawan perusahaan DEF.
g. Analisis
Analisis dilakukan guna untuk mengetahui dan menjabarkan hasil dari data yang dimiliki setelah mengalami beberapa tahap mulai dari awal pengambilan data hingga mengukur denyut jantung dari karyawan perusahaan DEF serta pengolahan data yang dilakukan berdasarkan studi literatur. Hasil yang diperoleh dianalisis sehingga peneliti dapat mengetahui konsumsi kalori yang dikonsumsi oleh para karyawan perusahaan DEF apakah dengan hasil yang didapat bisa menyebabkan karyawan mengalami kelelahan fisik dan mengetahui perbaikan untuk konsumsi energi pada karyawan.
h. Kesimpulan
Pada tahap ini dilakukan penarikan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan. Penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh para peneliti berguna untuk mengetahui jawaban dari penelitian yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang sudah dijabarkan sebelumnya.

6. RENCANA WAKTU PENELITIAN
Penelitian Tugas Akhir ini akan dilaksanakan selama empat minggu pada periode bulan November 2014. Agar penelitian Tugas Akhir berjalan dengan baik, maka diperlukan adanya jadwal penelitian. Adapun jadwal kegiatan secara umum diiperlihatkan dalam gant chart di bawah ini

tabel

7. DAFTAR PUSTAKA

[1] Nurmianto, Eko. 2000. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya:
Guna Widya.
[2] Rakhmat, Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi. Jakarta : Rosda Karya.
[3] Sutalaksana, Iftikar Z. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung :
Institut Teknologi Bandung.
[4] Wignjosoebroto, Sritomo. 1993. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Edisi
ketiga. Guna Widya: Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s