Tugas Etika Profesi Ke-3

  1. Apa sebenarnya kepakaran dari seorang sarjana teknik industri?

Jawab:

Menurut beberapa sumber, kepakaran dari seorang sarjana teknik industri ialah mampu membuat kesinergisan antara beberapa elemen dalam suatu sistem, kemudian mampu mengendalikan dan memahami elemen-elemen yang ada. Seorang sarjana teknik industri juga sebisa mungkin mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, karena seorang sarjana teknik industri tidak hanya mampu mengendalikan dan memahami elemen yang ada, melainkan mampu mengoptimalkan, mengatur, dan memecahkan masalah dari beberapa hal-hal yang terjadi dalam lingkungan sehari-hari atau menjadi seorang “problem solver” karena seorang sarjana teknik industri juga dituntut untuk memecahkan masalah yang ada dengan menggunakan metode-metode yang dimiliki selama ini. Seorang sarjana teknik industri tidak hanya menjadi seorang “problem solver” di lingkungan sehari-hari, melainkan di lingkungan pekerjaan seperti mengatur pemesanan kembali bahan baku, mengatur tata letak sebuah pabrik, mengatur peramalan produksi pada sebuah perusahaan, mengatur persediaan dalam gudang, atau mengatur manajemen yang ada dalam lingkungan pekerjaan.

  1. Tuliskan karakter-karakter tidak ber-ETIKA menurut kalian dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa)
  • Merokok

Hal ini yang biasa sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, pada dasarnya memang benar setiap orang memiliki hak untuk melakukan apa saja yang mereka inginkan asalkan masih dalam batas kewajaran, tetapi apabila melakukan tindakan seperti merokok pada ruang tertutup atau tempat-tempat yang kurang terbuka, hal itu perlu ditegur walaupun sudah ada display yang bertuliskan “Dilarang Merokok”, karena tidak semua orang itu merokok, asap yang dihirup oleh orang-orang yang pasif dalam merokok tentunya dapat mengendap di dalam tubuh akibatnya akan jauh lebih besar 2 kali lipat daripada mereka yang aktif merokok.

  • Memotong pembicaraan

Memotong pembicaraan merupakan hal yang kurang menyenangkan untuk diterima dalam lingkungan sehari-hari, setiap orang itu berhak untuk menyampaikan pendapat mereka tentang sesuatu hal, apapun itu. Hal ini merupakan sikap yang harus dihindari, seharusnya beri mereka kesempatan untuk berbicara sampai selesai baru kita bisa memberi pendapat terhadap pembicaraan tersebut, bukan dengan memotong pembicaraan.

  • Egois dalam segala hal

Hal ini merupakan yang sering terjadi. Ke-egoisan seseorang memang timbul dari dalam dirinya sendiri, tetapi sikap egois yang dimiliki oleh orang tersebut terkadang timbul pada saat kurang tepat atau bukan pada tempatnya. Terkadang ke-egoisan yang besar dapat memicu adanya sebuah konflik.

  • Menganggap sepele sebuah masalah

Menganggap sepele sebuah masalah merupakan hal yang kurang baik untuk dilakukan. Karena menganggap sepele berarti acuh tak acuh oleh permasalahan yang dihadapi, artinya tidak ingin membuat rumit diri sendiri, padahal hal yang disepelekan belum tentu mudah untuk dicari solusinya.

  • Keras kepala

Hal ini biasanya ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari juga. Sikap keras kepala ini terkadang dapat menimbulkan pertengkaran, karena rasa egois yang tinggi dan tidak mau diatur atau tidak mau diberi tahu. Biasanya hal ini karena mereka mengganggap dirinya sudah paling benar, sehingga tidak bisa diberitahu oleh orang lain.

  1. Tuliskan aktifitas tidak ber-ETIKA professional dalam bekerja (beri 5 contoh dan analisa) berdasarkan pendapat pribadi
  • Melanggar peraturan yang ada

Melanggar aturan yang dibuat oleh perusahaan sangat tidak baik, karena sebenarnya peraturan dibuat untuk membuat diri kita menjadi patuh terhadap pekerjaan.

  • Tidak bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan

Sikap ini tidak profesional dalam sebuah pekerjaan apapun itu, karena dapat dinilai bahwa kita teledor dalam melakukan pekerjaan

  • Tidak bisa menjaga sopan santun dalam bekerja

Sopan santun dalam pekerjaan juga diperlukan, karena antara atasan maupun bawahan walaupun dituntut untuk bersikap kekeluargaan bukan berarti kita bisa seenaknya berbicara dengan atasan kita dengan kalimat yang kurang sopan.

  • Tidak konsisten dalam bekerja

Sikap yang konsisten dituntut dalam sebuah pekerjaan, karena konsisten merupakan hal penting yang harus dimiliki dalam diri kita pada saat melakukan pekerjaan. Konsisten dalam arti bisa mempertahankan kinerja kita pada sebuah perusahaan.

  • Menyalahkan orang lain dalam sebuah tuntutan tugas

Tugas biasa diberikan oleh seorang atasan kepada bawahannya. Apabila terdapat kesalahan yang ditemukan dalam sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya, hendaknya seorang bawahan tidak saling menyalahkan satu sama lain pada saat ditegur oleh atasan.

  1. Berikan contoh profesi yang sesuai untuk sarjana teknik industri, serta jelaskan jobdesknya.

Jawab:

Profesi yang sesuai untuk sarjana teknik industri salah satunya yaitu pada bagian PPIC. Bagian PPIC merupakan bagian yang bekerja untuk mengatur penjadwalan sebuah produksi yang dilakukan perusahaan, kemudian PPIC juga yang mengatur kapan harus membeli bahan baku, mengatur gudang atau inventory, mengatur jadwal untuk melakukan produksi, intinya pekerjaan dari seorang yang memiliki jabatan PPIC yaitu menyediakan kebutuhan dengan tepat waktu, barang yang tepat, dan dengan jumlah yang tepat.

 

SUMBER:

iskfreund.tumblr.com/post/90304466591/etika-profesi

http://nadia-nadianadia.blogspot.co.id/2014/07/tugas-etika-profesi.html

http://stiawan89.blogspot.co.id/2015/03/etika-profesi-lulusan-teknik-industri.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s